Percepat Penurunan Stunting di Inhu, Dinkes Provinsi Riau gelar Aksi Konvergensi “Satu Hati”

INHU – Dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau melakukan kegiatan Aksi Konvergensi “Satu Hati”. Kegiatan Aksi konvergensi “Satu Hati” merupakan bimbingan teknis terintegrasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau sebagai langkah intervensi program integritas dari Gubernur Provinsi Riau dalam Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan pada hari Selasa (14/06/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Indragiri Hulu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga menghadiri salah satu puskesmas dengan desa lokasi fokus (lokus) stunting 2022 di wilayah kerja Puskesmas Pekan Heran yaitu Desa Alang Kepayang.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu memastikan Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan aksi konvergensi secara terintegrasi, memantau tingkat realisasi program atau kegiatan intervensi gizi terintegrasi di tingkat kabupaten sampai lokasi fokus penanganan stunting (Desa Lokus).

Selain itu Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga memantau cakupan intervensi gizi spesifik yang terdiri dari lintas program terkait di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu dan memantau cakupan rumah tangga 1000 HPK (1000 Hari Pertama Kehidupan) yang mengakses intervensi gizi secara simultan hingga melakukan pembinaan dan pendampingan secara berkesinambungan terhadap kondisi yang ditemui di lapangan yang mempengaruhi capaian indikator program.

Kunjungan yang dilakukan di Desa Alang Kepayang melibatkan Instansi terkait yakni Dinas Kesehatan, Puskesmas, Bappeda, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tim Ahli Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten, Perangkat Desa, PKK, Bidan Desa, serta masyarakat setempat.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tingkat penurunan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu semakin meningkat melalui bimbingan teknis terintegrasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang salah satunya adalah menyusun rencana monitoring dan evaluasi aksi konvergensi di Kabupaten lokus.

Hubungi Kami

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hulu

Alamat

Jl. Lintas Timur Pematang Reba

Kecamatan Rengat Barat

Call: