Wabup Junaidi Rachmat Ikuti Diskusi Panel Kajian Audit Kasus Stunting Tahap II

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diwakili oleh Wakil Bupati Junaidi Rachmat mengikuti diskusi panel kajian audit kasus stunting tahap II di Kab. Inhu bersama BKKBN RI di ruang VIP kantor Bupati Inhu secara daring, Kamis pagi (14/7/2022).

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo membuka diskusi dengan menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah 100% terbentuknya tim percepatan penurunan stunting di kabupaten/kota seluruh Indonesia, 95% tim percepatan penurunan stunting di kecamatan, serta hampir 97% di tingkat desa.

"Berbicara tentang pencegahan penurunan angka stunting ini ada dua hal yang penting diantaranya pertama pecegahan dan kedua adalah audit stunting," jelas Hasto.

Hasto juga menekankan bahwa dalam audit stunting ini kerahasiaan menjadi bagian penting karena menyangkut dengan medical record.

Sementara itu, Deputi Bidang KSPK BKKBN RI Nopian Andusti dalam laporannya mengatakan sesuai perpres nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting di Indonesia menjadi program prioritas dalam rencana aksi nasional saat ini.

Fokus dari coaching audit stunting sesi II adalah kajian dan temuan kasus dengan memberikan pemahaman terhadap pencegahan penanganan kasus stunting pada kelompok sasaran berisiko stunting.

Nopian Andusti juga menyampaikan hari ini ada tiga lokasi fokus stunting diantaranya Kabupaten Banggai Sulawesi Utara, Kabupaten Indragiri Hulu Riau, dan Kabupaten Tanimbar Maluku.

Terkait penurunan stunting, Junaidi Rachmat menyampaikan perlu adanya kerja sama dari semua pihak.

Inhu, sebut Junaidi Rachmat telah melakukan pembentukan tim audit stunting yang telah ditandatangani olehnya selaku ketua TPPS Inhu. Tim bergerak melakukan sosialisasi lokasi stunting dan selanjutnya melakukan pengukuran (verifikasi data) dan pengisian kertas kerja, perekapan dan penyerahan data kepada tim pakar, melakukan kajian oleh tim pakar dengan menggunakan kertas kerja audit, melakukan diseminasi, dan evaluasi rekomendasi rencana tindak lanjut (RTL) audit kasus stunting.

"Arahan untuk perangkat daerah yang saat ini sedang melakukan proses penyusunan APBD 2023 agar program-program yang disusun dapat memprioritaskan dan mengarah dalam penurunan angka stunting," ujar Junaidi Rachmat.

Ucapan terima kasih kepada Tim pakar, tim teknis dan perwakilan dari BKKBN Prov. Riau disampaikan oleh Junaidi Rachmat atas dukungan kepada Pemerintah Kab. Inhu dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala perwakilan BKKBN Prov. Riau Mardalena Wati Yulia, Ketua Tim Pakar dr. Bagus Pandji Udara, sejumlah kepala OPD terkait serta Satgas stunting.

Hubungi Kami

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hulu

Alamat

Jl. Lintas Timur Pematang Reba

Kecamatan Rengat Barat

Call: